Tagih Janji Kampanye Jokowi di Hari Toleransi Sedunia

Tagih Janji Kampanye Jokowi di Hari Toleransi Sedunia
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia, Raja Juli Antoni.

jpnn.com - JAKARTA - Besok, Senin 16 November 2015 merupakan Hari Toleransi Sedunia. Peringatan ini menjadi momen bagi Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan akan program kerjanya saat berkampanye.

"Tidak ada pilihan lain bagi pemerintahan Jokowi-JK, kecuali benar-benar serius mewujudkan janji kampanye dan program kerjanya untuk menghormati kebhinekaan dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia, Raja Juli Antoni dalam keterangan persnya, Minggu (15/11).

Menurut Raja, masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla belum tampak ada terobosan berarti dalam memajukan kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia.

Itu terlihat dari tingginya kasus intolerensi yang terjadi. Berdasar catatan Setara Institute, sepanjang Januari-Juni tahun 2015, ada 116 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan dengan 136 tindakan.

"Konflik yang ada harus segera ditangani dengan mengoptimalkan pranata-pranata sosial dan budaya, menegakkan hukum secara adil, menebarkan mawar-mawar kebajikan dan kemanusiaan di bumi pertiwi, dan merawat hidup kebersamaan dalam jalinan solidaritas ke-Indonesaan," katanya.

Raja juga menyorot kerja Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM yang tidak secara optimal menertibkan Peraturan Daerah (Perda) yang bersifat intoleran.

Menurutnya, dengan sikap diam pemerintah yang seolah melakukan pembiaran merupakan tindakan yang melawan konstitusi.

"Seluruh Perda tersebut harus dicabut. Ini adalah pembangkangan konstitusi yang terjadi, pembiaran yang dilakukan selama ini adalah juga tindakan melawan konstitusi," ucapnya.

JAKARTA - Besok, Senin 16 November 2015 merupakan Hari Toleransi Sedunia. Peringatan ini menjadi momen bagi Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News