Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2020 Dimulai 2 Desember

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2020 Dimulai 2 Desember
Ketua Panitia SNMPTN/SBMPTN Ravik Karsidi, yang juga menjabat Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Foto: Dok. UNS

jpnn.com, JAKARTA - Tahapan pendaftaran SNMPTN 2020 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020) akan dimulai 2 Desember 2019. Dimulai dengan tahapan pendaftaran dan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN 2020 dan calon peserta SNMPTN, UTBK (ujian tulis berbasis komputer)) dan SBMPTN (seleksi bersama masuk PTN) 2020, wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman ltmpt.ac.id.

Kerangka waktu registrasi akun LTMPT bagi sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan bagi siswa calon pendaftar SNMPTN 2020 akan dibuka pada 2 Desember 2019 dimulai pukul 15.00 WIB.

"Mohon diperhatikan bahwa registrasi akun LTMPT tersebut ada dua bagian yaitu, akun untuk sekolah dan siswa," kata Ravik dalam pernyataan resminya, Minggu (1/12).

Untuk sekolah-sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan login registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama melakukan login registrasi di akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

Untuk siswa harus melakukan login akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir.

"Diimbau kepada sekolah dan siswa khususnya yang akan mengikuti SNMPTN 2020 untuk memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT secara baik dengan memerhatikan kerangka waktunya sehingga diharapkan tidak cenderung mendaftar di awal atau akhir waktu agar tidak mengalami hambatan," terangnya.

Tahapan SNMPTN 2020 sudah dimulai 2 Desember 2029 dengan pengisian PDSS atau pangkalan data sekolah dan siswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News