Tahun 2009, Pertamina Kurangi Investasi

Tahun 2009, Pertamina Kurangi Investasi
Tahun 2009, Pertamina Kurangi Investasi
JAKARTA -PT.Pertamina (Persero) berencana menanamkan investasi sebesar Rp 16,5 Triliun pada tahun 2009. Direktur Utama Pertamina, Ari H Soemarno, mengatakan investasi tersebut sebagian besar merupakan dana internal Pertamina. Khususnya untuk investasi pencarian lapangan minyak baru atau eksplorasi. Sulitnya mendapatkan sumber dana eksternal untuk eksplorasi, karena dalam proses belum tentu akan berhasil menemukan sumber cadangan baru.

Tapi untuk proyek-proyek yang sudah masuk proses produksi, seperti Blok Cepu, akan lebih mudah untuk mendapat sumber pendanaan dari luar Pertamina. Namun Ari tidak menyebutkan dari mana saja asal dana tersebut.

"Investasi eksplorasi dari dana sendiri, karena sulit untuk cari dana eksternal. Tapi kalau yang udah mau produksi, mudah nyari yang eksternal," katanya usai Rapat Dengar Pendapat Pertamina dengan Komisi VII DPR RI sore tadi, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin, (08/09).

Menurut Ari, Investasi yang akan dilakukan Pertamina kebanyakan untuk kegiatan hulu.

Strategi ini merupakan cara untuk mencari sumber-sumber cadangan minyak baru guna meningkatkan produksi minyak nasional. (wid)

 

JAKARTA -PT.Pertamina (Persero) berencana menanamkan investasi sebesar Rp 16,5 Triliun pada tahun 2009. Direktur Utama Pertamina, Ari H Soemarno,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News