Tahun Baru Islam, Ini Pesan Menteri Marwan

Tahun Baru Islam, Ini Pesan Menteri Marwan
Marwan Jafar. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, ‎tahun baru Hijriah harus menjadi momen historis penuh makna dan inspirasi bagi umat islam.

"Dalam konteks pembangunan desa, spirit hijrah sangat diperlukan agar pembangunan desa benar-benar mampu mewujudkan desa Indonesia yang mandiri, kuat, maju dan sejahtera lahir batin," ujar Marwan, Rabu (14/10).

Ketika hijrah dimaknai sebagai perpindahan menuju perubahan, sambung Marwan, sudah saatnya meninggalkan mindset lama yang menempatkan desa hanya sebagai obyek pembangunan tanpa keterlibatan yang layak dalam prosesnya.

"Berhijrah, menuju mindset baru yang menghargai desa secara layak sebagai subyek, sebagai pelaku utama dalam pembangunan desa, yang memiliki wewenang penuh dalam seluruh proses pembangunan desa," ujarnya.

Menurut Marwan, yang perlu berhijrah bukan hanya mindset terhadap desa. Desa juga perlu melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik. "Pola pikir dan perilaku lama yang kurang baik harus ditinggalkan, berhijrah kepada pola pikir dan perilaku yang lebih amanah dan bertanggung jawab," ujar Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, ‎tahun baru Hijriah harus menjadi momen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News