Tahun Depan UN Tetap Digelar

Siswa Tak Lulus Bisa Ujian Ulang

Tahun Depan UN Tetap Digelar
Tahun Depan UN Tetap Digelar
JAKARTA--Meski ada putusan dari Mahkamah Agung (MA), Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan bahwa tahun depan tetap ada Ujian Nasional (UN). Pasalnya, UN sudah digelar Maret 2010 sedang Depdiknas masih akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan MA tersebut. Bahkan, hingga hari ini pun Nuh belum menerima salinan putusan dimaksud.

Meski tetap digelar tahun depan, Nuh menyatakan pelaksanaan UN akan diubah. Perubahan ini menurutnya, bukan karena adanya keputusan MA, tapi bagian dari upaya perbaikan yang selama ini dikeluhkan masyarakat terhadap pelaksanaan UN.

"Tidak ada kaitannya dengan putusan MA. Ini semata-mata untuk perbaikan sistem pelaksanaan UN saja," ujar Nuh dalam keterangan persnya di gedung A Depdiknas, Jakarta, Kamis (26/11).

Selain perubahan pelaksanaan UN 2010, Nuh menyatakan, UN bukan satu-satunya penentu kelulusan. "Tetap yang menentukan kelulusan adalah sekolah atau guru. Artinya jika ada peserta didik yang memperoleh nilai 10, tapi menurut gurunya peserta didik itu tidak lulus, maka dia tidak lulus," tukasnya.

JAKARTA--Meski ada putusan dari Mahkamah Agung (MA), Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan bahwa tahun depan tetap ada Ujian Nasional (UN). Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News