Tahun Ini, Indonesia Jawara Produksi Kakau Olahan

Tahun Ini, Indonesia Jawara Produksi Kakau Olahan
Tahun Ini, Indonesia Jawara Produksi Kakau Olahan
JAKARTA - Indonesia terkenal sebagai negara pengekspor bahan mentah. Namun, citra itu bisa sedikit terhapus oleh kisah sukses hilirisasi di sektor kakao atau cokelat.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, hilirisasi merupakan langkah besar bagi perekonomian Indonesia untuk menapak ke level yang lebih tinggi. "Tahun ini, Indonesia menjadi produsen kakao olahan nomor satu dunia," ujarnya dalam seminar Ikatan Alumni Universitas Airlangga di Jakarta, akhir pekan lalu.

Mahendra menyebut, dari sisi produksi kakao mentah yang mencapai kisaran 830 ribu ton, Indonesia kini memang masih di posisi ke-3 dunia, di bawah Pantai Gading dan Ghana. Namun, seperti Indonesia beberapa tahun lalu, Pantai Gading dan Ghana mengekspor sebagian besar kakao mentahnya. "Jadi, kita kalahkan mereka dari sisi produksi kakao olahan," katanya.

Menurut Mahendra, hingga 2009 lalu, 90 persen produksi biji kakao Indonesia masih diekspor. Namun, dalam waktu empat tahun, hilirisasi melalui investasi pabrik pengolahan kakao besar-besaran membuat kapasitas produksi melonjak. "Tahun ini, 80 persen biji kakao diolah di Indonesia, hanya 20 persen yang diekspor mentah," terangnya.

JAKARTA - Indonesia terkenal sebagai negara pengekspor bahan mentah. Namun, citra itu bisa sedikit terhapus oleh kisah sukses hilirisasi di sektor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News