Taiwan Butuh 40 Ribu TKI

Taiwan Butuh 40 Ribu TKI
Taiwan Butuh 40 Ribu TKI
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tengah berupaya mencari peluang pasar kerja baru bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengisi lowongan pekerjaan sektor formal dan informal di berbagai  negara  penempatan. Salah satu negara penempatan yang memiliki potensi peluang kerja bagi TKI adalah negara Taiwan.

Dirjen Binapenta Reyna Usman  mengatakan, Taiwan saat ini membutuhkan sedikitnya 40 ribu orang TKI untuk bekerja di bidang konstruksi, sektor kelautan sebagai anak buah kapal ikan, dan sektor kesehatan sebagai caretakers (perawat lanjut usia).

”Perluasan pasar kerja di negara itu masih terbuka, karena kondisi perekonomian di Taiwan cukup bagus yang membutuhkan tenaga-tenaga kerja terampil sektor formal dan informal,” terang  Dirjen Binapenta Reyna Usman di kantor Kemenakertrans, Jakarta,  Senin (8/8).

Sampai akhir Juli 2011, terdata pada Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan bahwa ada 166.261 orang TKI bekerja di Taiwan. Selama ini, lanjut Reyna, bagi TKI yang bekerja di Taiwan ada di sektor domestik ada 87 persen dan sisanya 13 persen bekerja di sektor semiformal dan formal di bidang manufaktur, kesehatan, pelaut/anak buah kapal dan sektor konstruksi.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tengah berupaya mencari peluang pasar kerja baru bagi Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News