Tak Ada Deru Knalpot, Kereta Kuda Jadi Alternatif

Tak Ada Deru Knalpot, Kereta Kuda Jadi Alternatif
TANPA ASAP: Taksi dan mobil-mobil listrik yang menunggu penumpang di depan stasiun Gornergrat Bahn. Foto: Leak Kustiya/Jawa Pos
KEINGINAN keras Menteri BUMN Dahlan Iskan agar Indonesia segera mampu membuat dan memasalkan mobil listrik bukanlah gagasan yang mengawang-awang. Di Zermatt, Swiss, semua sarana transportasinya menggunakan tenaga listrik.

Tak satu pun kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) diizinkan masuk di kota yang terletak di atas awan, di punggung Alpen, itu. Berikut catatan wartawan Jawa Pos LEAK KUSTIYA yang baru pulang dari sana.

--------------

Swiss punya banyak daya pikat. Jam tangan dengan keawetan turun-temurun, wine, panorama putih salju, hingga tantangan penaklukan puncak Alpen, Matterhorn. Satu lagi yang menjadi kebanggaan Swiss adalah keunikan Zermatt. Kota yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut itu menjadi tujuan wisata yang populer di Eropa karena sikapnya yang tegas: menolak polusi asap dan suara knalpot kendaraan.

Zermatt sungguh daerah yang tenang. Banyak mobil, tapi tidak bising. Karena semua kendaraan: taksi, angkot, bus, kereta, yang lalu-lalang di kota itu nyaris tak mengeluarkan suara.

KEINGINAN keras Menteri BUMN Dahlan Iskan agar Indonesia segera mampu membuat dan memasalkan mobil listrik bukanlah gagasan yang mengawang-awang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News