Tak Ada Lowongan CPNS Tenaga Administrasi

Tak Ada Lowongan CPNS Tenaga Administrasi
tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SEMPAT tarik ulur, akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan tetap dilaksanakan tahun depan, meski kuotanya terbatas.

Kepada wartawan JPNN Mesya Mohammad beberapa waktu lalu, Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono‎ dengan gamblang menjelaskan rencana rekrutmen CPNS 2016. Berikut petikannya:

Moratorium CPNS, tapi masih juga ada rekrutmen, bisa dijelaskan Pak?

Dalam road map pemerintah kan moratorium CPNS selama lima tahun. Tapi jangan buru-buru menafsirkan negatif dulu karena moratorium di sini adalah sifatnya terbatas. Artinya, rekrutmen dilakukan untuk mengisi PNS yang pensiun dan ditujukan bagi instansi yang membutuhkan pegawai. Tujuannya agar PNS yang direkrut bukan lantaran daerah menginginkan dana alokasi umum (DAU) lebih banyak, tapi memang butuh aparatur dalam mempercepat mesin birokrasi.

Jadi berapa alokasi CPNS tahun depan?

Tahun depan sekitar 120 ribu PNS akan pensiun. Tapi, bukan berarti seluruhnya kita rekrut. Prinsipnya adalah zero growth, artinya, PNS yang ada tidak boleh ditambah, malah dikurangi agar beban belanja pegawai di APBN berkurang signifikan. Itu sebabnya, meski pensiunannya di atas 100 ribu, yang diisi tidak sebanyak itu. Ya, maksimal 100 ribulah.

Sudah pasti tidak ada penambahan lebih dari itu Pak?

Ya iyalah, wong dananya kan tidak ada. Ini saja untuk pengadaan CPNS 2016, akan diambil dari penghematan anggaran instansi terkait. Untuk gajinya kan sudah tertata di APBN, jadi sudah aman itu.

SEMPAT tarik ulur, akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan rekrutmen CPNS akan tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News