Tak Ada Narkoba Konvensional di Kelab Malam, tapi…

Tak Ada Narkoba Konvensional di Kelab Malam, tapi…
Peredaran narkoba di tempat hiburan malam. Ilustrasi Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - Lain di Jakarta, lain lagi bentuk peredaran narkoba di kota-kota penyangganya. Di luar Jakarta, misalnya Bogor, Tangerang, dan Tangerang Selatan, memang tidak ada penjualan narkoba konvensional di kelab-kelab malam.

Namun, yang lebih populer adalah blue sapphire dan snow white. Keduanya adalah minuman yang masuk narkoba kategori 4, yakni klorometkatinon (4-CMC). Cairan yang diklaim memiliki efek "tinggi" seperti ekstasi itu bisa didapatkan di sejumlah kelab di Tangerang dan Tangerang Selatan.

Minuman itu sempat menghebohkan pada 2016. Tepatnya, setelah belasan pengunjung di kelab Matador di Tangerang Selatan keracunan minunam blue sapphire pada November 2016.

Sebelumnya, seorang WNA keracunan hingga tewas setelah mengonsumsi minuman tersebut. Setahun kemudian, pihak kelab menjelaskan sudah tidak menjual minuman itu lagi.

Sejak diidentifikasi sebagai narkoba, minuman itu pun menjadi susah didapatkan. Namun, sekali lagi, langka bukan berarti tidak ada. Untuk membuktikannya, saya menggali sejumlah informasi dan akhirnya bisa berkenalan dengan seorang perempuan yang mengatakan bahwa minuman itu masih bisa didapatkan.

Sabtu (1/12) saya janjian dengan perempuan yang mengaku bernama Eva itu di depan sebuah outlet karaoke keluarga di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Saat itu jarum jam masih menunjuk pukul 23.00. Dia datang menghampiri saya bersama teman perempuannya.

Setelah masuk ke mobil yang saya kemudikan, dia kemudian menunjukkan tempat yang dia bilang masih menjual minuman langka itu. Di kawasan elite tersebut, kami masuk agak jauh ke dari jalan utama, lalu tiba di area ruko. Di situ kami masuk di sebuah kelab dan karaoke yang berbentuk ruko tiga lantai.

Rupanya, dia sudah memesan sebuah table untuk kami bertiga. Sampai di depan ruko, kami lalu dipersilakan masuk ke lounge dan menempati sebuah meja tinggi yang terletak tepat di depan DJ booth. Saat itu belum begitu ramai. Maklum, sebelum lewat tengah malam bisa dibilang masih sore bagi penggemar party.

Blue sapphire dan snow white, minuman yang masuk narkoba kategori 4, yakni klorometkatinon, diklaim memiliki efek tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News