Tak Banyak Bangsa yang Seberuntung Indonesia yang Miliki Bung Karno

Tak Banyak Bangsa yang Seberuntung Indonesia yang Miliki Bung Karno
Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto menggelar acara peluncuran serta bedah buku karyanya yang berjudul Suara Kebangsaan di Bentara Budaya Jakarta, Minggu (7/8). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) RI Prof. Purnomo Yusgiantoro menilai Indonesia beruntung memiliki pemimpin bangsa seperti Soekarno yang ajaran dan pemikirannya masih relevan dengan kondisi dunia kini dan masa mendatang, serta seharusnya diajarkan ke seluruh generasi anak bangsa.

Mantan Menteri Pertahanan itu mengatakan pemikiran geopolitik Bung Karno terpotret melalui buku berjudul Suara Kebangsaan karya Hasto Kristiyanto.

Menurut dia, buku itu bisa menjadi referensi yang baik bagi anak-anak muda Indonesia untuk makin mengenal serta mencintai bangsanya.

“Saya dorong ini dibaca anak muda untuk menunjukkan identitas bangsa dan dapat lebih mencintai Indonesia,” kata Purnomo dalam acara peluncuran dan bedah buku Suara Kebangsaan di Bentara Budaya, Jakarta, Minggu (7/8).

Menurut Purnomo, di dalam buku itu banyak menulis tentang Bung Karno. Dia mencatat setidaknya ada lima hal penting tentang Soekarno yang ditulis Hasto.

Antara lain ketika Soekarno berbicara di sidang BPUPK dan menyampaikan pidato lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945.

Lalu soal geopolitik dan geostrategi Indonesia yang disampaikan oleh Soekarno saat berpidato di Lemhannas di Mei 1965.

“Yang disampaikan Bung Karno itu sampai sekarang diajarkan di Lemhannas. Soekarno memberi landasan nation and character building,” kata Purnomo.

Buku Suara Kebangsaan mengupas ajaran Bung Karno soal Trisakti yang sempat hilang dan harus dimunculkan lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News