Tak Berubah, Fokus BRI Tetap UMKM

Kontribusi Kredit UMKM 81 Persen dari Rp 249,1 Triliun

Tak Berubah, Fokus BRI Tetap UMKM
Tak Berubah, Fokus BRI Tetap UMKM
SURABAYA - Konsentrasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tahun ini tidak berubah. Bank yang banyak bermain di daerah pedesaan dan mulai merambah kota tersebut masih fokus ke sektor UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Usaha ini banyak tumbuh di daerah urban.

Direktur Bisnis Komersial BRI Sulaiman Arif Arianto mengatakan sampai kuartal pertama 2011 penyaluran total kredit bank pelat merah itu mencapai Rp 249,1 triliun. Kontribusi sektor UMKM adalah 81 persen. "Fokus kami masih tetap ke UMKM. Pihak manajemen sudah menetapkan 80 persen kredit ke sektor tersebut. Sekarang, malah lebih," ujarnya.

Untuk tahun ini, BRI memproyeksikan pertumbuhan kredit minimal 20 persen. Posisi akhir 2010 adalah Rp 246 triliun.  Sulaiman menambahkan salah satu usaha mencapai target akhir tahun adalah berusaha menekan margin bunga bersih (net interest margin/NIM). BRI menekan NIM di bawah 10 persen sesuai arahan Bank Indonesia (BI). Hingga kuartal I/2011, bank pelat merah ini berhasil menurunkan NIM 1,1 persen menjadi 9,67 persen dibanding posisi akhir tahun lalu.

"Akhir tahun lalu, posisi NIM kami masih berada di kisaran 10,77 persen. Kami berusaha terus menekan sampai 9 persen. Ini untuk memberikan kemudahan pembiayaan bagi UMKM," kata Sulaiman.

SURABAYA - Konsentrasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tahun ini tidak berubah. Bank yang banyak bermain di daerah pedesaan dan mulai merambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News