Tak Hanya untuk kesehatan Mata, Ini Khasiat Lain dari Wortel

Tak Hanya untuk kesehatan Mata, Ini Khasiat Lain dari Wortel
Wortel. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Wortel diketahui mengandung beta-karoten yang saat dikonsumsi akan diubah tubuh menjadi vitamin A dalam bentuk retinol.

Retinol ini bisa ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut sel batang. Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak sehingga Anda bisa melihat dalam cahaya lemah.

Meski bermanfaat untuk kesehatan mata, nyatanya wortel juga memiliki manfaat lain. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi wortel dengan dikunyah, Anda bisa mencobanya dengan cara di jus.

Berikut ini beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan:

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Jus wortel mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. "Tubuh kita tidak bisa mensintesis vitamin C sendiri, jadi kita harus mendapatkan nutrisi dari makanan atau suplemen," jelas ," kata ahli nutrisi, Amy Gorin, MS, RDN, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (10/1).

2. Membantu memperkuat penglihatan

Wortel mengandung vitamin A, yang bukan hanya antioksidan kuat, tetapi juga salah satu nutrisi terpenting bagi mata. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja dan bintik-bintik bitot — penumpukan keratin pada konjungtiva mata.

Meski bermanfaat untuk kesehatan mata, nyatanya wortel juga memiliki manfaat lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News