Tak Khawatir Kekuatan Timnas U-19 Terbaca Lawan

Tak Khawatir Kekuatan Timnas U-19 Terbaca Lawan
Indra Sjafri saat sesi latihan Timnas Indonesia U-19. Foto: Dika Kawengian/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Jelang tampil di Piala AFC U-19 yang bergulir mulai 18 Oktober hingga 4 November itu, timnas u-19 Indonesia sudah menyiapkan sejumlah uji coba. Diantaranya, menggelar turnamen mini bertajuk PSSI Anniversary U-19 Tournament pada 21-25 September mendatang di Stadion Pakansari.

Turnamen ini akan melibatkan Thailand U-19 dan Tiongkok U-19. Setelah tampil di turnamen ini. Timnas bakal menjajal kekuatan tim Timur Tengah. Yakni Arab Saudi dan Suriah. Tapi, jadwal laga melawan dua negara itu belum ditentukan.

’’Arab Saudi kemungkinan datang pada 7 Oktober, tapi yang pasti memang turnamen mini (PSSI Anniversary U-19 Tournament) itu,’’ jelas Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri.

Indra sengaja memperbanyak agenda uji coba untuk mengetahui parameter kekuatan timnya. Indra ingin melihat sejauh mana Rachmat Irianto dkk mengimplimentasikan strategi yang diberikan. ’’Ya agar di Piala Asia nanti tim ini punya taktikal yang siap,’’ jelasnya.

Pria 55 tahun itu tak khawatir banyaknya uji coba membuat kekuatan timnas terbaca lawan. Menurut Indra, strategi di lapangan sifatnya dinamis.

’’Jadi jangan ragu kalau lawan tahu. Kami juga banyak tahu tentang lawan dari video-video yang ada. Ini bukan zaman Siti Nurbaya lagi di mana latihan saja ngumpet. Semua orang pasti tahu,’’ tegasnya.

Yang terpenting bagi Indra, anak asuhnya punya jam terbang. Pernah melawan tim-tim yang levelnya di bawah, sepadan, hingga jauh di atasnya. ’’Dari Asia Tenggara atau di luar itu tidak ada masalah. Yang penting kami bisa mematangkan skuad,’’ lanjutnya. (rid/bas)

 


Agenda timnas U-19 Indonesia untuk persiapan tampil di Piala AFC U-19 lumayan padat.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News