Taliban Rilis Video Serdadu AS yang Ditawan

Taliban Rilis Video Serdadu AS yang Ditawan
TAWANAN - Penggalan video yang dikatakan dirilis oleh Taliban, yang berisikan "keterangan dan himbauan" seorang serdadu AS yang tengah ditahan oleh kelompok itu di Afghanistan. Foto/cuplikan: Youtube.com.
KABUL - Kelompok militan Taliban baru-baru ini merilis sebuah video yang berisikan seorang serdadu AS yang ditawan. Sebagaimana diketahui, serdadu dimaksud diculik dan ditahan oleh pihak Taliban kurang lebih tiga pekan lalu, di luar basis militer AS di Afghanistan. Demikian antara lain seperti diberitakan situs The Guardian, Minggu (19/7) malam.

Dalam video tersebut, yang potongannya bisa dilihat di Youtube dari hasil upload kantor berita ABC News, sang prajurit yang terlihat gundul, berbicara dengan agak gemetar dan diiringi emosi. Intinya, dalam video sepanjang total 28 menit itu, seperti yang disuruh oleh para penangkapnya (Taliban, Red), ia meminta agar pasukan AS ditarik mundur.

Pihak militer AS sejauh ini masih tak mau menyebutkan nama sang serdadu, begitu pula pangkat maupun umurnya. Namun, berdasarkan tampilan di video tersebut, diperkirakan serdadu yang tampak sedikit berjanggut itu berusia 20-an tahun.

Di antara hal yang disampaikannya, sang serdadu misalnya di bagian awal menyebutkan bahwa ia merasakan perang yang ia jalani "sangat berat", serta mengaku bahwa ia berniat mempelajari Islam - bisa jadi karena didesak oleh kaum Taliban. Selanjutnya, setelah diperintahkan lagi oleh penjaganya, sang serdadu pun menyampaikan himbauannya.

KABUL - Kelompok militan Taliban baru-baru ini merilis sebuah video yang berisikan seorang serdadu AS yang ditawan. Sebagaimana diketahui, serdadu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News