Tambahan Subsidi KPR Hanya Cukupi 60 Ribu RSH

Tambahan Subsidi KPR Hanya Cukupi 60 Ribu RSH
Tambahan Subsidi KPR Hanya Cukupi 60 Ribu RSH
JAKARTA - Tambahan anggaran subsidi untuk kredit pemilikan rumah (KPR) di APBNP 2010 tetap di posisi Rp 2,6 triliun. Subsidi ini hanya mampu membangun 60 ribu unit rumah sederhana sehat (RSH) dan 10 ribu unit rumah susun sederhana milik (rusunami). Itu berarti masih ada 90 ribu unit RSH dan 20 ribu unit rusunami tidak bisa dibangun tahun ini.

"Tahun ini sebenarnya kita targetkan bangun 150 ribu unit RSH dan 30 ribu unit rusunami. Tapi karena dana subsidinya hanya Rp 2,6 triliun jadi targetnya tidak bisa tercapai," kata Menpera Suharso Monoarfa, Jumat (19/3).

Dijelaskannya, subsidi KPR dalam APBNP-2010 mengalami perubahan. Yang tadinya dimasukkan sebagai anggaran belanja, kini masuk ke pembiayaan. Artinya polanya jadi fasilitas likuiditas dan bukan subsidi langsung. Cara ini akan meningkatkan jumlah masyarakat berpenghasilan menengah (MBM) dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan rumah.

"Perubahan pola subsidi ini akan mendorong makin banyak MBM dan MBR yang bisa membeli rumah," ucapnya.

JAKARTA - Tambahan anggaran subsidi untuk kredit pemilikan rumah (KPR) di APBNP 2010 tetap di posisi Rp 2,6 triliun. Subsidi ini hanya mampu membangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News