Tampung Tawar dan Tari Jepen Kober Meriahkan Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar

Tampung Tawar dan Tari Jepen Kober Meriahkan Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar
Warga Desa Kutai Lama menyambut Wakil Ketua MPR Mahyudin dengan Tampung Tawar saat menghadiri Sosialisasi Empat Pilar di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (24/3). Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar di Dermaga Kutai Lama, Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kertanegara, Minggu (24/3). Wakil Ketua MPR Mahyudin hadir sebagai pembicara dalam acara sosialisasi tersebut.

Sesaat ketika tiba, warga Desa Kutai Lama menyambut Mahyudin dengan mencipratkan air dan melempari beras berwarna kuning. Warga sekitar menyebut beras dan air tersebut dengan nama Tampung Tawar.

BACA JUGA: Mahyudin: Kita Harus Jaga Agar Indonesia Tetap Aman Sentosa

Setelah adegan penyambutan, Mahyudin lalu duduk di kursi tamu. Sebelum menyosialisasikan empat pilar, delapan siswi dari Desa Kutai Lama, menyuguhkan kreasi Tari Jepen Goper. Mereka menyebut kelompok tari dengan nama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kutai Lama.

Dina, warga Desa Kutai Lama menjelaskan, setiap tamu penting yang mendatangi daerahnya, selalu disambut dengan Tampung Tawar. Dia menyebut, warga memiliki harapan para tamu penting mendapat keberuntungan dalam hidup.

"Jadi, itu simbolis saja agar tamu-tamu diharapkan ketika menerima Tampung Tawar mendapat keberkahan, kebaikan, dan keberuntungan," ucap dia ditemui di lokasi Sosialisasi Empat Pilar, Minggu.(mg10/jpnn)


Warga Desa Kutai Lama menyambut Mahyudin dengan mencipratkan air dan melempari beras berwarna kuning. Warga sekitar menyebut beras dan air tersebut dengan nama Tampung Tawar.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News