Tanah Gerak, Warga Khawatir Longsor Besar Terulang Lagi

Tanah Gerak, Warga Khawatir Longsor Besar Terulang Lagi
Longsor di Ponorogo. Foto: JPG

jpnn.com, PONOROGO - Warga Desa Banaran, Pulung, Ponorogo, saat ini tidak bisa tidur nyenyak karena terbayang longsor besar tahun lalu kembali terjadi.

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo pun mengultimatum warga wajib waspada. Terutama yang tinggal di sektor A.

Sebab, sejak dua bulan terakhir, tanah di sektor tersebut mengalami pergeseran. Akibatnya, sejumlah bangunan warga yang masih menetap di sekitar lokasi retak.

"Jadi, warga wajib waspada karena ini sudah musim hujan," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono kemarin (12/11).

Menurut Budi, sapaan Setyo Budiono, warga wajib mengungsi jika hujan mengguyur selama dua jam terus-menerus.

Alasannya, di sektor tersebut tanah mengalami pergeseran meski dalam skala kecil. "Pantauan kami saat ini, pergeseran tanah semakin mendekat ke rumah warga yang masih bertahan," ujarnya.

Semula, kata Budi, tanah yang melorot berjarak 7 meter dengan rumah warga. Kini semakin mendekat, yakni tinggal 4 meter. Kondisi itu, lanjut dia, cukup genting jika warga tidak waspada.

"Terutama saat terjadi hujan, kami minta tidak usah menunggu dua jam. Tolong segera mencari lokasi yang aman," tegasnya. (mg7/sat/c9/end/jpnn)


warga wajib mengungsi jika hujan mengguyur selama dua jam tanpa henti untuk menghindari longsor.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News