Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Prajurit KRI Sampari-628 Rangkul Masyarakat Bajo Pulau

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Prajurit KRI Sampari-628 Rangkul Masyarakat Bajo Pulau
Prajurit KRI Sampari-628 mendukung Ekspedisi Laskar Nusantara 2020 khususnya di daerah Bajo Pulau, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (14/3). Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, JAKARTA - Sekali Merengkuh Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui. Tampaknya pepatah tersebut pantas ditujukan bagi prajurit KRI Sampari-628, yang tengah mendukung Ekspedisi Laskar Nusantara 2020 di Pulau Sumbawa pada Sabtu (14/3) lalu.

Dengan memanfaatkan kegiatan pelayanan kas keliling dari Bank Indonesia kepada masyarakat di daerah Bajo Pulau, yang berjarak sekitar 1.500 yard atau 1.372 km sebelah timur laut dari Sape, Pulau Sumbawa, prajurit KRI Sampari juga memperkenalkan tentang kemaritiman dan keangkatanlautan terutama kepada para siswa dan siswi yang masih sekolah di tingkat dasar maupun lanjutan.

“Memberikan pembekalan kepada anak-anak sekolah adalah upaya kita untuk merangkul masyarakat  Bajo Pulau, untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan bela Negara sejak dini sehingga kedaulatan negara di pulau-pulau yang terpisah dari “main-land” dapat tetap terjaga,” tutur Letkol Laut (P) Wirasetyo Haprabu, Komandan KRI Sampari-628.

Bagi prajurit KRI Sampari, menjadi kepuasan tersendiri saat melihat respons yang diberikan anak-anak sekolah ketika mereka menjelaskan materi menyangkut Bela Negara dan Cinta Tanah Air. Terlebih tidak mudah untuk mencapai daerah Bajo Pulau, sebab tim harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit dari pelabuhan Sape dengan menggunakan RHIB KRI Sampari-628. Selanjutnya dibantu dengan menggunakan perahu-perahu dari nelayan setempat menuju lokasi tujuan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ekspedisi Laskar Nusantara merupakan bentuk kerjasama antara BI dan TNI AL meliputi beberapa kegiatan, antara lain layanan kas keliling. Selain itu, kegiatan sosial dan pengobatan gratis di pulau-pulau terluar, tertinggal dan terdepan di provinsi NTB, seperti Pulau Moyo, Pulau Medang di kabupaten Sumbawa, Bajo Pulo dan desa Pusu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima dan Pulau Maringkik di kabupaten Lombok Timur.

Di sisi lain KRI Sampari-628 dari jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada II, saat ini juga sedang melaksanakan operasi siaga tempur laut yang berada di bawah kendali operasi Gugus Tempur Laut Koarmada II guna mengamankan wilayah perairan laut Indonesia.(fri/jpnn)

Bagi prajurit KRI Sampari, menjadi kepuasan tersendiri saat melihat respons yang diberikan anak-anak sekolah ketika mereka menjelaskan materi menyangkut Bela Negara dan Cinta Tanah Air.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News