Tangerang Menuju Pelayanan Serba Digital

Tangerang Menuju Pelayanan Serba Digital
Tangerang Menuju Pelayanan Serba Digital
BERTEPATAN dengan hari jadi ke-18 tahun (28/ 2), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mencanangkan sistem pelayanan yang serba digital dengan menerapkan konsep e-government atau biasa disebut e-gov. Inilah ambisi Walikota Tangerang Wahidin Halim dalam mewujudkan sebuah pemerintahan yang paling terkoneksi dengan warganya.

”Saat ini, Pemerintah Kota Tangerang sedang melakukan transpormasi menuju cara-cara yang lebih maju dengan menggunakan sebuah sistem informasi yang handal dan tangguh untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Wahidin seperti dilansir INDOPOS hari ini.

Dikatakan Wahidin, untuk mencapai sebuah pemerintahan yang baik atau good governance, pemerintah (daerah) harus mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Karena itu, penerapan digital government adalah sebuah keharusan. ”Sistem manajemen pemerintah harus dikembangkan menjadi sebuah sistem manajemen organisasi jaringan yang dapat memperpendek lini pengambilan keputusan serta memperluas rentang kendali,” kata walikota yang akrab disapa WH ini.

Lebih lanjut WH menjelaskan, sedikitnya ada tiga hal yang melatarbelakangi penerapan e-gov. Pertama adalah era globalisasi seperti adanya perdagangan bebas, demokratisasi, hak asasi manusia, transparansi, anti kurupsi dan lain-lain. Kedua adalah kemajuan teknologi informasi (TI) yang demikian pesat sehingga memudahkan komunikasi antar masyarakat dunia tanpa perlu mengenal batas. Dan ketiga terjadinya peningkatan kualitas hidup.

BERTEPATAN dengan hari jadi ke-18 tahun (28/ 2), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mencanangkan sistem pelayanan yang serba digital dengan menerapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News