Tanggapi Hasil Survei LSI, Tjahjo: Saya Kira Semua ASN Harus Tahu Keberadaan LAPOR

Tanggapi Hasil Survei LSI, Tjahjo: Saya Kira Semua ASN Harus Tahu Keberadaan LAPOR
Menpan RB Tjahjo Kumolo mengakui bahwa korupsi masih jadi salah satu tantangan untuk mewujudkan reformasi pada bidang birokrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengakui bahwa korupsi masih jadi salah satu tantangan untuk mewujudkan reformasi pada bidang birokrasi.

"Termasuk meningkatkan profesionalisme aparatur sipil negara (ASN)," kata Tjahjo saat menanggapi temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI), salah satunya menyoroti persepsi korupsi di kalangan ASN, pada sebuah acara virtual di Jakarta, Minggu (18/4).

Tjahjo menerangkan, pihaknya akan terus meningkatkan profesionalisme ASN agar tidak terjebak jerat korupsi.

Menurut dia, beberapa kebijakan itu di antaranya pelaporan harta dan kekayaan secara berkala, penguatan sistem integritas internal, pengendalian gratifikasi dan penanganan benturan kepentingan (conflict of interest), serta pengelolaan sistem aduan yang terintegrasi dari masyarakat.

"Saya kira semua ASN harus tahu keberadaan LAPOR dan masyarakat juga sudah makin banyak yang memahami," kata dia.

Tjahjo mengatakan, LAPOR merupakan aplikasi atau kanal virtual untuk masyarakat memberi keluhan dan aspirasi terkait dengan kinerja lembaga-lembaga pemerintah.

Tidak hanya itu, kata Tjahjo, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga berupaya membangun kolaborasi antarinstansi pemerintah, yang kemudian disebut dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Kemitraan itu melibatkan Kemenpan RB, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Kantor Staf Presiden.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengakui bahwa korupsi masih jadi salah satu tantangan untuk mewujudkan reformasi pada bidang birokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News