Tanggapi Pernyataan Impor AC China Banjiri Pasar Dalam Negeri, Politikus PDIP Bereaksi, Pakai Kata Sesat

Tanggapi Pernyataan Impor AC China Banjiri Pasar Dalam Negeri, Politikus PDIP Bereaksi, Pakai Kata Sesat
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mempertanyakan pernyataan salah satu petinggi perusahaan yang menyatakan bahwa pasar AC dalam negeri dibanjiri dari China.

Sebelumnya, Wakil Direktur PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Daniel Suhardiman mengatakan bahwa produk AC OEM dari China telah mengisi 80 persen pasar domestik sejak masa pandemi.

Darmadi menilai pernyataan tersebut tidak berdasar dan patut diduga sarat akan kepentingan politik bisnis terselubung.

"Kemungkinan adanya agenda tersembunyi yang ingin membuat pemerintah untuk menghentikan impor dari China dengan tujuan agar merek yang bersangkutan bisa menaikkan pangsa pasarnya di Indonesia,” sindir politikus PDIP Darmadi Durianto dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Darmadi menambahkan bahwa setelah dilakukan pengecekan di pasar ada beberapa model merek diatas yang harganya lebih rendah dibandingkan dengan brand Jepang lainnya.

"Oleh karena itu, apabila jika ada suatu merek mengalami penurunan penjualan janganlah langsung mengatakan bahwa ini akibat harga AC impor yang lebih murah, tetapi harus dianalisa apakah strategi marketing dan penjualan yang dilakukan sudah tepat di pasar," tandasnya.

"Apalagi, merek tersebut diketahui juga melakukan impor dari China untuk beberapa tipe AC-nya yang dijual di Indonesia,” sambung Legislator dari dapil DKI Jakarta III meliputi Jakarta Barat, Utara dan Kepulauan Seribu itu.

Terpisah, Ketua Umum Asosiasi PERPRINDO (Perkumpulan Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia) Iffan Suryanto menepis informasi yang mengatakan bahwa pasar AC di Indonesia adalah 80% didominasi oleh produk impor China.

Politikus PDIP Darmadi Durianto menanggapi pernyataan salah satu petinggi perusahaan yang menyatakan pasar AC dalam negeri dibanjiri dari China.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News