Tanggul Jebol, Pluit Terancam

Makin Parah Akibat Air Laut Pasang

Tanggul Jebol, Pluit Terancam
Tanggul Jebol, Pluit Terancam
TANGGUL yang berada di dekat jembatan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, kemarin pagi jebol. Akibatnya, air laut yang saat itu sedang pasang, langsung menggenangi jalan dan sebagian area perumahan elit di RW 02, Pluit. Selain itu, pekerjaan peninggian kabel yang juga berada di dekat jembatan yang sedang dibangun oleh PT Lince Roumauli Raya, juga ikut jebol. Akibatnya air pasang dengan cepat masuk ke area perumahan warga. Hal itu membuat kemacetan parah di sekitar lokasi. Baik yang menuju ke area Pantai Indah Kapuk, maupun sebaliknya.

“Air masuk ke area perumahan warga karena limpasan air pasang yang masuk melalui galian kabel PLN yang sedang ditinggikan di tanggul. Karena pasang, air jadi masuk melalui lubang itu,” ujar Wakil Camat Penjaringan Martua Sitorus, saat ditemui Koran ini dilokasi kejadian kemarin sore. “Air kembali surut, sekitar pukul 11 siang, setelah kita pasang karung untuk menahan air di tanggul itu,” imbuhnya.

Ketua RW 02 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Bintang Hardiono menambahkan, luapan air yang masuk ke area perumahan warga disebabkan rob. Atau air pasang yang masuk ke darat. “Limpasan air semakin parah, karena ada yang mengerjakan pembongkaran di tanggul dekat jembatan,” terangnya kemarin.

Bintang menambahkan, seharusnya pengerjaan jembatan dan peninggian kabel dikerjakan bersama-sama. Tidak parsial. “Harusnya ada kordinasi, biar tidak terjadi seperti ini,” ujarnya.

TANGGUL yang berada di dekat jembatan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, kemarin pagi jebol. Akibatnya, air laut yang saat itu sedang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News