Tanggulangi Bencana, Pemkab Siapkan Rp 5 Miliar

Tanggulangi Bencana, Pemkab Siapkan Rp 5 Miliar
Tanggulangi Bencana, Pemkab Siapkan Rp 5 Miliar
LASUSUA - Sadar jika sebagian besar wilayahnya rawan bencana alam, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara tahun ini menganggarkan dana tanggap daruratsebesar Rp 5 miliar. Sebagian dana tersebut langsung terserap guna menanggulangi bencana banjir yang terjadi di Desa Lapasi-pasi Kecamatan Lambai baru-baru ini akibat luapan sungai lambai yang merendam puluhan rumah warga danmerusak areal perkebunan warga.

Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud bersama wakilnya Siti Suhariah akhir pekan lalu meninjau langsung penangganan pasca bencana banjir berupa pembuatan tanggul disepanjang sungai lambai, guna mengantisipasi kembali meluapnya air sungai mengingat curah hujan yang masih cukup tinggi. " Setiap bencana alam yang terjadi kita berupaya langsung melakukan penanganan baik terkait penyebab bair, maupun merehabilitasi pemukiman warga yang rusak akibat banjir, seperti yang terjadi di Desa Lapasi-pasi ini," terang Rusda.

Rusda menyadari dana Rp 5 miliar yang disiapkan tahun ini tergolong kecil dibanding dengan potensi rawan bencana alam yang ada di Kolut. Untuk itu dirinya maupun instansi terkait terus mengupayakan agar bantuan dari pemerintah pusat dapat disalurkan ke Kolut."Tahun ini saja sudah terjadi banjir di tiga desa, yakni Lapasipasi, Kelurahan Lasusua dan Kelurahan Malamala Kecamatan Kodeoha, penanganan bencana alam tidak bisa hanya mengandalkan anggaran daerah yang terbatas kita sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat, inilah

yang terus kita upayakan," tambah Rusda.

Selain bantuan pemerintah pusat, Pemda juga sangat tergantung perhatian pemerintah provinsi, mengingat pembuatan talud atau bronjong sungai yang berada di lintas kabupaten merupakan kewenangan pemprov.

LASUSUA - Sadar jika sebagian besar wilayahnya rawan bencana alam, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara tahun ini menganggarkan dana tanggap daruratsebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News