Tangkal Kanker Payudara dan Prostat dengan Jus Tomat

Tangkal Kanker Payudara dan Prostat dengan Jus Tomat
Tangkal Kanker Payudara dan Prostat dengan Jus Tomat

jpnn.com - APAKAH Anda penggemar berat jus tomat? Jika iya, anda patut meneruskan kegemaran itu. Sebab,  jus dari buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam itu mampu menangkal kanker payudara.

Berdasarkan penelitian di Rutgers University, New Jersey di Amerika Serikat (AS), satu gelas jus tomat setiap hari dapat menangkal kanker payudara. Pasalnya, perempuan yang memperbanyak asupan tomat memiliki hormon penangkal kanker payudara lebih banyak.

Kaum perempuan bisa dengan mudah meraup manfaat antikanker yang dikandung tomat. Segelas jus tomat saja setiap hari mengandung dosis tepat lycopene, yakni zat pemerah tomat yang dapat menangkal kanker payudara. Penelitian sebelunya juga menyebutkan bahwa lycopene dapat melawan kanker payudara dengan menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Tapi selain bisa mencegah kanker payudara, lycopene juga dipercaya mampu melindungi dari serangan kanker prostat. "Manfaat mengkonsumsi tomat serta produk olahan tomat, meskipun hanya dalam periode singkat, telah terbukti dengan jelas dalam penemuan kami," kata para peneliti seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (4/2).

Dalam penelitian itu, para peneliti mengukur kadar hormon pada wanita berusia 55 tahun sebelum dan sesudah mengkonsumsi tomat selama sepuluh minggu. Sebagai informasi, seluruh wanita partisipan penelitian itu menderita kelebihan berat badan serta memiliki atau berisiko tinggi terjangkit kanker payudara.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa lycopene dalam segelas tomat dapat meningkatkan hormon adiponectin, yaitu hormon yang berperan dalam pengaturan kadar lemak dan obesitas hingga 9 persen. Hormon adiponektin diketahui dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Berdasar riset, peningkatan hormon adiponektin paling pesat ada pada wanita yang lebih langsing.

Namun, jika anda tak doyan tomat maka buah lainnya bisa juga dimanfaatkan. Misalnya jambu biji, semangka, aprikot, pepaya dan anggur merah, juga memiliki lycopene untuk melawan kanker. Hanya saja, kandungan lycopene dalam buah-buah itu memang tidak sebanyak yang dikandung tomat. (fny/jpnn)


APAKAH Anda penggemar berat jus tomat? Jika iya, anda patut meneruskan kegemaran itu. Sebab,  jus dari buah yang memiliki perpaduan rasa manis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News