Tanpa Susu dan Makan Siang Gratis, Anies Bakal Perangi Stunting dengan Cara Ini

Tanpa Susu dan Makan Siang Gratis, Anies Bakal Perangi Stunting dengan Cara Ini
Capres RI Anies Baswedan saat acara Desak Anies Edisi Nakes di Half Patiunus, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Tanpa Susu dan Makan Siang Gratis, Ini Cara Anies Cegah Stunting

Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, menyebut makan siang dan susu gratis bagi anak bukan cara yang tepat untuk mencegah stunting.

Anies mengatakan bahwa pemenuhan nutrisi lewat makan siang dan susu gratis itu mestinya diberikan untuk ibu hamil. Mengingat, stunting sendiri memang bisa terjadi ketika si anak di dalam kandungan.

"Penanganan stunting tidak bisa di masa sekolah. Itu sudah terlambat. Jadi yang dikasih makan siang harusnya ibu hamil, intervensinya di usia dini," kata Anies dalam acara Nakes Desak Anies di Jakarta, Kamis (18/1).

Selain itu, Anies menyebut pencegahan stunting dilanjutkan dengan memberikan imunisasi pada bayi di 1000 hari pertamanya.

Adapun pemberian susu untuk mencegah stunting, kata Anies, tidak bisa dinikmati oleh semua anak, mengingat adanya kasus intoleransi laktosa.

Karena itulah, dirinya menilai bahwa pemenuhan sumber pangan dari laut bisa menjadi solusi yang tepat.

"Kita punya sumber pangan dari laut yang banyak, sehingga nutrisinya ya bukan harus jenis susu. Di danau dapat, di laut dapat, harganya terjangkau, dan aksesnya mudah," tutup Anies. (jpnn)

Pemberian susu untuk mencegah stunting, kata Anies, tidak bisa dinikmati oleh semua anak


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News