Target Produksi Batubara 184 Juta Ton

Target Produksi Batubara 184 Juta Ton
Target Produksi Batubara 184 Juta Ton
JAKARTA - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menarget pada semester I-2011 produksi batubara bisa mencapai 184 juta ton. Tercatat, selama kuartal I pencapaian produksi sebesar 89 juta ton. Ketua Umum APBI Bob Kamdanu mengatakan, pihaknya optimistis produksi batubara akan lebih baik karena cuaca lebih mendukung ketimbang pada kuartal I. paling tidak akan ada pertumbuhan produksi sebesar 6,7 persen pada kuartal II. "Kita harapkan kuartal II bisa memperoleh produksi sebesar 95 juta ton," ungkap Bob di Jakarta, Jumat (6/5).

Hingga akhir tahun ini, APBI menargetkan produksi sebesar 340 juta ton. Menurut Bob, target ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu, dimana produksi batubara sekitar 320 juta ton. "Secara year on year, ada kenaikan 5-6 persen," kata Bob.

Dia menjelaskan, kenaikan produksi tahun ini juga disebabkan adanya pertambahan alokasi domestik. Tahun lalu alokasi domestik batubara sebesar 85 juta ton, sedangkan tahun ini naik jadi 90 juta ton.

Kendati ada kenaikan alokasi dalam negeri, tapi kata Bob, produksi batubara masih banyak yang dijual keluar negeri ketimbang untuk kebutuhan domestik. Bob menyebutkan, akan ada kenaikan tipis ekspor batubara tahun depan yakni sekitar 250 juta ton dari tahun ini yang sebesar 235 juta ton.

JAKARTA - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menarget pada semester I-2011 produksi batubara bisa mencapai 184 juta ton. Tercatat, selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News