Tarif KA Ekonomi Turun 50 Persen

Tarif KA Ekonomi Turun 50 Persen
Tarif KA Ekonomi Turun 50 Persen

jpnn.com - SURABAYA - Ada kabar gembira bagi penumpang kereta api. Terhitung mulai 1 April nanti, PT KAI kembali menerapkan tarif subsidi bagi seluruh kereta ekonomi jarak jauh dan menengah maupun kereta api lokal.

Asisten Manajer Pemasaran Angkutan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya Dedi Supriadi menyebutkan, tarif tersebut diberlakukan setelah adanya ketetapan pemberian subsidi berupa public service obligation (PSO) dari Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada 4 Maret lalu.

“Besarannya mencapai Rp 1,224 triliun dan Rp 600 miliar. Di antaranya dialokasikan untuk KCJ, anak perusahaan PT KAI yang menangani KRL,” jelasnya.

Sejumlah kereta ekonomi jarak jauh yang mendapat subsidi itu antara lain KA Kertajaya (Surabaya-Tanjung Priok); Pasundan dan Matarmaja (Malang-Jakarta); serta Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya-Jakarta). Dengan berlakunya tarif subsidi itu, tarif KA Matarmaja yang semula Rp 130 ribu menjadi Rp 65 ribu, KA Gaya Baru Malam Selatan dari Rp 120 ribu menjadi Rp 55 ribu, KA Kertajaya dari Rp 115 ribu menjadi Rp 50 ribu, serta KA Pasundan dari Rp 110 ribu menjadi Rp 55 ribu.

Kereta api lokal yang mendapat subsidi, antara lain, KA Lokal Penataran, KA Lokal Kertosono, Komuter Surabaya-Porong, Komuter Surabaya-Lamongan, KRD Surabaya-Kertosono, serta KRD Surabaya-Bojonegoro. Besaran tarif KA lokal tersebut Rp 2 ribu-Rp 5 ribu.

Tarif baru yang telah disubsidi tersebut, jelas Dedi, berlaku bagi calon penumpang yang membeli tiket untuk keberangkatan 1 April ke atas. Sebaliknya, bagi keberangkatan di bawah 1 April, calon penumpang tetap dikenai tarif KA lama yang belum disubsidi dan menggunakan sistem tarif parsial.

Penumpang yang telah membeli tiket untuk keberangkatan di atas 1 April sebelum diberlakukannya tarif subsidi tersebut berhak melakukan refund ke loket penjualan. Selisih harga tiket tersebut nanti bisa diminta di stasiun tujuan penumpang.

Caranya, saat bepergian, tiket akan diverifikasi petugas di stasiun keberangkatan. Petugas bakal memberikan stempel di tiket tersebut. Setelah penumpang sampai di stasiun tujuan, baru selisih uang itu diberikan KAI.

SURABAYA - Ada kabar gembira bagi penumpang kereta api. Terhitung mulai 1 April nanti, PT KAI kembali menerapkan tarif subsidi bagi seluruh kereta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News