Taring Bawa Nama Indonesia ke Festival Metal di Jerman

Taring Bawa Nama Indonesia ke Festival Metal di Jerman
Taring juara Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2019. Foto: dok DCDC

jpnn.com, JAKARTA - Band hardcore asal Bandung, Taring dinobatkan sebagai juara ajang Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2019. Berkat gelar tersebut, mereka mewakili Indonesia di festival musik metal terbesar Wacken Open Air (WOA) Jerman pada 29 Juli hingga 4 Agustus 2019 mendatang.

Tahun ini, WOA Metal Battle Indonesia 2019 diikuti 206 band dari 70 kota. Dari 206 band tersebut, kandidat dikerucutkan menjadi 30 besar lalu 10 besar. Finalis yang berhasil melaju ke 10 besar tampil secara live dan satu di antara mereka akan membawa bendera merah putih menuju Jerman.

Dalam babak final yang digelar pekan lalu, Taring berhasil menjadi yang terbaik mengungguli 10 band finalis. Sepuluh finalis untuk WOA Metal Battle Indonesia 2019 adalah Belantara (Bogor, Jawa Barat), Carnivored (Tangerang, Banten), Hellcrust (DKI Jakarta), Kaluman (Bandung, Jawa Barat), Kapital (Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur), Over Power (Kediri, Jawa Timur), Paint In Black (Metro, Lampung), Taring (Bandung, Jawa Barat) dan Wafat (Surabaya, Jawa Timur).

BACA JUGA: Base Jam Minta Maaf Konser di Aceh Dibubarkan

Para juri yang menentukan pemenang terdiri dari Man (Jasad), Arian13 (Seringai) dan Luuk Van Gestel (Doomstar Bookings, Belanda). Mereka menilai seluruh band berdasarkan kualitas karya mereka. Seluruh aktivitas terkait WOA Metal Battle Indonesia 2019 dimonitor oleh tim Steering Committee, yaitu Eben (Burgerkill), Addy Gembel (Forgotten) dan Kimung.

Puncak penentuan berlangsung dalam ‘Final Show - Wacken Metal Battle Indonesia 2019’ diselenggarakan di Dome Balerame Sabilulungan, Bandung. Setiap band diberi waktu 30 menit, masing-masing personel mempersiapkan secara mandiri dan hanya dibantu oleh crew panggung. Ini merupakan simulasi yang nantinya situasi seperti itu akan ditemukan di panggung Jerman.

BACA JUGA: Sule Masih Betah Menduda, Pasrah Soal Jodoh

Sekitar 1600 penonton menjadi saksi pertempuran 10 band yang sangat matang menggebrak panggung final. Di atas panggung WMBI, Taring dinilai berhasil tampil lepas tanpa beban. Penyajian musik, penguasaan panggung, mental, disiplin dengan aturan yang diberikan membuat Taring layak diperhitungkan.

Band hardcore asal Bandung, Taring dinobatkan sebagai juara ajang Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News