Tarung David versus Goliath

Tarung David versus Goliath
Salah satu adegan dalam The Hurt Locker. Foto: Internet.
LOS ANGELES - Ada sejumlah hal yang membuat Academy Awards Ke-82 kali ini menarik disimak. Pertama, soal perubahan regulasi. Jumlah nominasi film bertambah, yakni dari lima menjadi sepuluh. Kedua, para anggota Academy Awards yang mulai tak "alergi" dengan film bergenre sci-fi seperti Avatar atau animasi semacam Up.

Yang terakhir adalah kompetisi antara The Hurt Locker dan Avatar. Persaingan dua film itu sudah ketat dalam sejumlah festival film. Kebetulan pula, sutradara keduanya adalah mantan pasutri. Kathryn Bigelow (sutradara The Hurt Locker) adalah mantan istri James Cameron (sutradara Avatar).

Satu kebetulan lagi, keduanya sama-sama mendapat sembilan nominasi, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik. Namun, perbedaan genre dan pembiayaan dua film tersebut bak bumi dan langit. Avatar didukung oleh produsen kuat Hollywood membutuhkan biaya superbesar USD 500 juta (sekitar Rp 4 triliun).

Sementara itu, bujet The Hurt Locker tak lebih dari seperseratusnya dan dikerjakan secara indie. Jika menang nanti, The Hurt Locker menjadi film terbaik Oscar dengan biaya produksi terendah. Singkatnya, persaingan keduanya bak David lawan Goliath.

LOS ANGELES - Ada sejumlah hal yang membuat Academy Awards Ke-82 kali ini menarik disimak. Pertama, soal perubahan regulasi. Jumlah nominasi film

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News