Tata Out, Klopp In?

Tata Out, Klopp In?
Tata Out, Klopp In?

BARCELONA - Gosip semakin santer berhembus. Gerardo "Tata" Martino tidak akan lama menjadi entrenador Barcelona. Pria asal Argentina itu bakal hengkang saat musim ini berakhir.   
    
Sejatinya Tata menandatangani kontrak dua musim dengan Blaugrana. Namun pelatih terbaik Amerika Selatan 2007 itu sudah tidak nyaman dengan iklim sepak bola Eropa. Terutama dengan sorotan yang terlalu intens atas kinerjanya di klub sebesar Barca.
    
Memang sejak menjadi pelatih pada 1998, Tata tidak pernah sekalipun menjalani karir di Benua Biru. Barca yang dibesutnya pada musim panas 2013 merupakan klub Eropa pertama sepanjang karirnya sebagai pelatih.
    
Saat penandatanganan kontrak, memang ada klausul yang menyatakan bahwa Tata bisa berhenti di musim pertama. Dan Barca juga sepakat dan ingin mencari pelatih baru.
      
Apalagi prestasi Carles Puyol dkk juga tidak terlalu moncer. Barca terancam tidak bisa mempertahankan gelar juara Primera Division.
      
Di Liga Champions, Barca juga gagal ke semifinal pertama dalam tujuh musim terakhir alias sejak 2007. Satu-satunya harapan gelar mayor Barca saat ini adalah Copa del Rey melawan Real Madrid besok (16/4). Gelar Barca bersama Tata hanyalah Piala Supercopa Spanyol dengan mengalahkan Atletico Madrid.
       
Beberapa nama sudah diajukan untuk menggantikan pelatih 51 tahun tersebut. Antara lain, Ernesto Valverde (Athletic Bilbao), Luis Enrique (Celta Vigo), Andre Villas-Boas (Zenit Saint Petersburg), Diego Simeone (Atletico Madrid), dan Juergen Klopp (Borussia Dortmund).
    
Namun dari beberapa nama tersebut, nama Klopp yang paling difavoritkan. "Klopp adalah pelatih dengan kemampuan sebagai motivator yang hebat. Dia punya sikap dan personaliti yang sangat bagus. Direksi klub memang ingin agar Barca punya mentalitas pemenang lagi," ucap sumber Barca seperti dilansir El Mudo Deportivo.

"Tetapi semua tergantung keputusan Presiden Josep Maria Bartomeu," lanjut sang sumber. (nur)


BARCELONA - Gosip semakin santer berhembus. Gerardo "Tata" Martino tidak akan lama menjadi entrenador Barcelona. Pria asal Argentina itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News