Tato: ANTAM Sudah Keluar Modal Banyak

Tato: ANTAM Sudah Keluar Modal Banyak
Tato: ANTAM Sudah Keluar Modal Banyak
JAKARTA- Direktur Pengembangan PT ANTAM (Tbk), Tato Miraza mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan modal banyak untuk operasi penambangan di Sulawesi Tenggara. "Perusahaan telah mengeluarkan biaya eksplorasi kurang lebih Rp75 miliar serta Rp25 miliar untuk pembukaan Tambang Tapunopakar," kata Tato pada wartawan, Senin (15/3).

Dia menambahkan, jika Kuasa Pertambangan (KP) PT ANTAM dicabut, negara akan kehilangan investasi sangat besar sekitar USD500 Juta. Sebab, KP dicabut tahun 2008 karena akan dibangun Nickel Content Pig Iron Plant dan Stainless Steel.

Disamping itu, potensi kerugian negara dari cadangan nikel yang telah ditemukan sekitar USD1 miliar. Belum lagi  nilai tambah NPI ke stainless steel adalah USD1 miliar x 4 (sampai dengan NPI - Nickel Content Pig Iron) x 2 (sampai dengan Stainless Steel) = USD8 miliar.

"Bandingkan jika dikelola oleh pihak lain, maka yang  dijual hanya orenya saja (sekitar USD1 miliar) belum lagi kemungkinan transfer pricing USD5 per ton (atau kehilangan USD250 juta)," tandasnya.

JAKARTA- Direktur Pengembangan PT ANTAM (Tbk), Tato Miraza mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan modal banyak untuk operasi penambangan di Sulawesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News