Tegas, Mahfud MD Bicara Soal Keutuhan Bangsa

Tegas, Mahfud MD Bicara Soal Keutuhan Bangsa
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto/Ilustrasi : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa salah satu tugas utama kementeriannya adalah menjaga keutuhan bangsa.

Hal ini disampaikan Mahfud MD dalam acara Uji Sahih: Hasil Evaluasi dan Rekomendasi Kebijakan Kementerian dan Lembaga di Bidang Kesatuan Bangsa, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (11/12).

"Kita menjaga negara, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, artinya menjaga keutuhan, dan keutuhan akan tercipta jika kita bersatu," tegas Mahfud.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memberi penekanan soal pentingnya menjaga keutuhan dan bersatu dari berbagai segi; keamanan, pertahanan, politik, informasi dan lainnya.

Menurut dia, hasil evaluasi dan rekomendasi kebijakan kementerian dan lembaga di bidang kesatuan bangsa, untuk menjaga keutuhan dan keutuhan ideologi serta keutuhan teritori.

"Dengan laporan ini, kita bisa mengetahui persoalan yang dihadapi dan rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan," kata Mahfud dalam siaran persnya.

Mahfud mengapresiasi segenap upaya tim dan menyambut gembira hasil dari rangkaian konsultasi publik dan hasil evaluasi dan rekomendasi tersebut.

Sementara itu, Deputi VI/Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Jadedjri M Gaffar mengatakan, kegiatan itu dilatarbelakangi pemikiran bahwa NKRI dibentuk sebagai wadah segenap bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan bersama.

Karena itu, uji sahih tersebut bertujuan untuk mempertajam hasil rekomendasi yang dibuat berdasarkan konsultasi publik dan kuesioner di berbagai provinsi di Indonesia, serta diperkaya oleh serangkaian FGD ahli dan pakar.

"Selanjutnya hasil rekomendasi ini akan diberikan langsung kepada Kementerian dan Lembaga terkait pada Rapat Koordinasi Bidang Kesatuan Bangsa tanggal 16 Desember mendatang," ujarnya.(antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Menko Polhukam Mahfud MD bicara soal menjaga negara dan keutuhan bangsa dalam forum di kantornya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News