Kamis, 13 Desember 2018 – 23:20 WIB

Teka-Teki Koalisi Capres dan Cawapres

Sabtu, 14 Juli 2018 – 22:55 WIB
Teka-Teki Koalisi Capres dan Cawapres - JPNN.COM

Oleh: Pangi Syarwi Chaniago
Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting


Belakangan santer beredar nama-nama tokoh yang berpotensi besar menjadi calon wakil presiden (Cawapres) bagi calon petahana, Jokowi dan penantangnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Adapun nama yang disebut-sebut sebagai kandidat pendamping Jokowi di antaranya dari kalangan parpol seperti Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar; Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy; politikus PDIP, Budi Gunawan dan politikus Partai Demokrat, TGB M Zainul Majdi.

Sementara dari kalangan non-parpol muncul ke permukaan nama-nama seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD; mantan Panglima TNI, Moeldoko; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin, dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (NU), KH Said Aqil Siradj.

Selain itu, juga beredar nama-nama yang berpotensi menjadi pendamping Prabowo dari kalangan parpol seperti politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Heryawan dan Salim Segaf Al Jufri, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zullkifli Hasan; dan politikus Partai Demokrat, Chairul Tanjung. Sedangkan dari kalangan non-parpol muncul nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Pertanyaanya, apakah Jokowi akan mengandeng Cawapres seperti nama-nama yang sudah beredar di publik atau akan ada daya kejut dari Jokowi di luar nama-nama yang sudah diprediksi.
Mencari sosok pendamping Jokowi, seberapa besar kans Mahfud MD digandeng Jokowi sebagai cawapres Jokowi di pilpres 2019?

Mahfud MD kalau kita cermati dari kualifikasi figur sangat menarik. Dalam soal ujian integritas beliau sudah selesai, bisa melewati dengan baik dan membuktikannya.

Apakah Mahfud MD pantas jadi cawapres Jokowi? Pertama Mahfud MD punya jam terbang yang tinggi di pemerintahan, track record bagus, sucses story-nya jelas baik di level eksekutif, legislatif dan yudikatif. Beliau pernah jadi Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur, di legislatif pernah menjabat anggota DPR dan di institusi yudikatif pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar