Tekan Inflasi, Dinas Pertanian Bagikan Lima Ribu Bibit Cabai

Tekan Inflasi, Dinas Pertanian Bagikan Lima Ribu Bibit Cabai
Cabai. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam membagikan sebanyak lima ribu bibit cabe kepada warga yang tinggal di Perumahan Pondok Pratiwi, Sekupang, Batam, Kepri, Jumat (4/8).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Batam, Mardanis mengatakan cabe merupakan salah satu penyumbang inflasi di Batam, beberapa waktu lalu bahkan pasokan cabe mengalami kendala sehingga harganya menjadi mahal.

Pemberian cabe ini merupakan program dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang merupakan konsep pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber pangan.

Setiap harinya konsumsi cabai di Batam mencapai 10 ton perharinya, dan hanya dua persen yang dihasilkan petani Batam, sedangkan yang lainnya didatangkan dari daerah lain.

Untuk itu, melalui KRPL ini pihaknya mengedukasi warga untuk menghasilkan cabai, meskipun jumlahnya tidak banyak tapi setidaknya ini bisa membantu.

"Untuk tahap awal kita pilih perumahan ini sebagai proyek percontohan, satu rumah diberikan lima batang pohon cabe berusia 1.5 bulan, totalnya ada lima ribu yang kita berikan," kata Mardanis.

Sebelumnya pemberian bibit cabai juga dilakukan di Perumahan Batamcenter, dan Batuaji dengan total keseluruhan mencapai 26 ribu bibit cabai.

Selain memberikan bibit cabai, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada warga mengenai cara menyemai, menanam, hingga merawat cabai.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam membagikan sebanyak lima ribu bibit cabe kepada warga yang tinggal di Perumahan Pondok Pratiwi, Sekupang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News