Teken MoU Penguatan Ideologi Pancasila dengan 63 Rektor, KPI, dan Dewan Pers

Teken MoU Penguatan Ideologi Pancasila dengan 63 Rektor, KPI, dan Dewan Pers
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen Soedarmo diwawancarai wartawan. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengatakan, Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengandung makna bahwa setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan dan kenegaraan harus berdasarkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.

Didasarkan pada pentingnya makna Pancasila bagi bangsa Indonesia, sekaligus sebagai respons atas perkembangan zaman serta keinginan kuat untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan, maka tanggal 1 Juni punya makna besar.

"Tanggal 1 Juni yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila turut memiliki makna penting tersendiri," kata Soedarmo di sela peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Kemendagri, Kamis (1/6).

Acara pertama adalah upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo selaku inspektur upacara.

Lebih lanjut Soedarmo mengingatkan pentingnya keterlibatan seluruh komponen bangsa dalam merevitalisasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila secara integral dan utuh dalam semangat ke-Bhinnekaan Tunggal Ika-an dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Kemendagri ini, dilakukan juga penandatanganan MOU dengan 63 Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh lndonesia, Komisioner Penyiaran lndonesia (KPI), dan Dewan Pers.

"Nota Kesepahaman (MOU) ini tentang kerjasama dalam penguatan ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, dan Revolusi Mental," kata Soedarmo.

Lebih lanjut, mantan pejabat di Badan Intelijen Negara (BIN) berpangkat mayjen itu mengatakan, rangkaian acara ini juga nantinya akan digelar pameran hasil karya mahasiswa Indonesia, peluncuran serial buku Kebangsaan I dan serial buku Tokoh lndonesia Teladan.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengatakan, Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News