Telkom Incar Perusahaan Non-Telko

Telkom Incar Perusahaan Non-Telko
Telkom Incar Perusahaan Non-Telko
JAKARTA - Gerak PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di bidang telekomunikasi tidak lagi leluasa. Aksi korporasi terutama akuisisi melebar ke bidang lain sejauh masih memberikan support kepada bisnis perseroan. Ada dana Rp 1 triliun yang dianggarkan untuk mengakuisisi perusahaan non telekomunikasi tahun depan.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan, ada dua poin yang harus diperhatikan oleh perseroan untuk bidang telekomunikasi. "Pertama, apakah ada (perusahaan telko) yang mau jual - Kedua, kita sudah menguasai lebih dari 50 persen (pangsa pasar). Itu bagaimana dari sisi regulasi" ungkapnya setelah menerima penghargaaan Most Consistent Dividend Policy and Strongest Adherence to Corporate Governance di Jakarta kemarin.

Dengan porsi bisnis yang besar di tengah kondisi bisnis telekomunikasi yang memasuki titik jenuh, aksi Telkom memang harus banyak pertimbangan. Akuisisi tambahan hanya berpotensi terjerat praktik monopoli mengingat pemain di bisnis telekomunikasi juga tidak sedikit. "Jadi sekarang ini kemungkinannya memang konsolidasi," ucapnya.

Terbukti, kata Rinaldi, setelah Telkom batal mengakuisisi Esia dari Bakrie, belum ada perusahaan telekomunikasi lain yang akan diakuisisi. Meskipun pada dasarnya perusahaan butuh untuk melakukan itu supaya memperbesar porsi bisnis. "Saat ini belum ada (perusahaan telekomunikasi lokal yang akan diakuisisi). Walaupun ya kalau ditanya "opportunity" ya ada," jelasnya.

JAKARTA - Gerak PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di bidang telekomunikasi tidak lagi leluasa. Aksi korporasi terutama akuisisi melebar ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News