Telkomsel Meluncurkan Solusi Management Aset Berbasis IoT

Telkomsel Meluncurkan Solusi Management Aset Berbasis IoT
Telkomsel Luncurkan Layanan Asset Performance Management. Foto : Telkomsel -

jpnn.com - TELKOMSEL secara resmi meluncurkan layanan Asset Performance Management, sebuah solusi end-to-end berbasis Internet of Things (IoT) untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam mewujudkan making Indonesia 4.0

Solusi tersebut digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

"Solusi Asset Performance Management ini dapat diimplementasikan pada berbagai industri, seperti industri makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik dan manufaktur yang mana implementasi use case-nya seperti cold chain monitoring, inventory management, dan shipment monitoring," ungkap GM IoT Smart Connectivity Telkomsel, Alfian Manullang dalam video conference pada Senin (27/4).

Dia menambahkan, sistem monitoring kebanyakan masih mengandalkan pengelolaan data secara manual, sehingga tidak efisien, rumit, dan beresiko terjadi kesalahan.

Sedangkan solusi IoT terbaru dari Telkomsel ini diklaim bisa mendigitalisasi sistem pemantauan aset perusahaan dengan memberikan informasi kondisi aset yang real-time.

"Dengan begitu, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional, kesalahan dari human error, serta memastikan kualitas produknya terjaga," imbunya.

Kehadiran perangkat ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Roambee, startup penyedia layanan pemantauan aset berbasis end-to-end IoT asal Sillicon Valley, Amerika Serikat.

Salah satu peran Roambee adalah penyediaan Smart Gateway atau sensor yang terhubung langsung pada cloud dan Smart Beacon (terhubung dengan Smart Gateway dan dapat ditempatkan di aset bergerak dan tak bergerak) sebagai IoT Sensors pada Asset Performance Management. (mg9/jpnn)

Solusi IoT terbaru dari Telkomsel ini diklaim bisa mendigitalisasi sistem pemantauan aset perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News