Teluk Persia Hilang di Google Maps

Teluk Persia Hilang di Google Maps
Teluk Persia Hilang di Google Maps
IRAN - Kementrian Luar Negeri Iran mengancam menuntut Google. Langkah ini dilakukan karena perusahaan mesin pencari raksasa di dunia tersebut dianggap telah sengaja menghilangkan nama "Teluk Persia" pada layanan Google Maps-nya. Padahal, wilayah perairan Teluk Persia merupakan pemisah antara dataran Iran dan Semenanjung Arab.

Negeri kaum mullah tersebut selama ini menamai wilayah teritorialnya  sebagai Teluk Persia, namun oleh sebagian kalangan di Semenanjung Arab disebut Teluk Arab.

"Ini merupakan salah satu aksi perang lunak terhadap Iran yang dilakukan Google dengan menghilangkan nama Teluk Persia," ujar Ramin Mehmanparast, seperti dilansir Reuters.

Aksi Google dipandang sebagai usaha untuk tidak mengakui eksistensi wilayah kedaulatan Republik Islam Iran. Karenanya Pemerintah Iran akan melakukan sebuah langkah hukum secara resmi apabila Google tidak memperbaiki kesalahan tersebut. Bukti sejarah menunjukkan perairan tersebut merupakan sebuah bagian tak terpisahkan dari negara mayoritas pemeluk syiah itu, sehingga wajar apabila disebut Teluk Persia.

Sebelumnya Pemerintah Iran juga pernah melakukan protes terhadap beberapa negara yang memilih menggunakan sebutan Teluk Arab daripada Teluk Persia. Bahkan, negeri ini pernah memberikan peringatan kepada pilot pesawat udara yang melintas di wilayah udaranya karena menggunakan sebutan Teluk Arab.(esy/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Hacker Beri Dukungan ke Foke


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News