Telur Dipecah Ada Cairan Merah Darah, Oh Ternyata

Telur Dipecah Ada Cairan Merah Darah, Oh Ternyata
Dukun palsu ditangkap. Ilustrasi Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Mengaku sebagai dukun yang bisa menyembuhkan penyakit, IP alias Ertin warga Kalimantan Barat, berhasil meraup uang dari korbannya sebesar Rp 30 juta.

Penipuan itu terjadi 2 Agustus lalu, di Jalan HM Arsyad Km 6, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Korbannya seorang kakak yang memiliki adik yang menderita lumpuh. Ertin mengaku bisa mengobati penyakit tersebut dengan beberapa syarat yang harus dilengkapi korban. Salah satunya uang tunai sebesar Rp 30 juta.

”Saat itu tersangka (Ertin, Red) menyampaikan kepada korban, kalau ingin sembuh total, harus menyiapkan uang sebesar Rp 30 juta. Korban yang ingin adiknya sembuh, mematuhi perintah tersangka itu,” kata Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Mohammad Rommel, akhir pekan lalu. (6/10). Ertin telah ditetapkan tersangka dalam kasus itu.

Rommel menjelaskan, setelah syarat dipenuhi, Ertin menggelar ritual pengobatan dengan menyiapkan sebutir telur ayam. Dalam isi telur itu dimasukkan tinta berwarna merah pekat tanpa sepengetahuan korban.

Setelah ritual, Ertin mengatakan kepada korban, penyakit di dalam tubuh adiknya sudah pindah ke dalam telur tersebut. ”Dia pura-pura mengobati dan memindahkan penyakit adik korban ke dalam telur tersebut. Setelah itu telurnya dipecahkan dan mengeluarkan cairan yang berwarna seperti darah kotor,” ungkapnya.

Selanjutnya Ertin menyiapkan uang Rp 30 juta yang diserahkan korban untuk ritual selanjutnya. Dia pura-pura memasukkan uang tersebut ke dalam selembar kain kuning, lalu diikat atau dililitkan ke tubuh ”pasiennya”.

”Saat itu tersangka bilang kepada orang yang bersangkutan agar jangan sesekali melepaskan kain yang sudah dililitkan ke tersebut. Adik korban diperintahkan jangan membuka kain itu sampai tersangka datang kembali ke kediaman korban,” ujar Rommel.

Ertin lalu pergi. Korban dan adiknya lantas menunggu. Setelah beberapa lama, Ertin tak kunjung datang. Korban yang penasaran, kemudian memberanikan diri membuka kain yang diikatkan ke tubuh adiknya itu.

Warga Kalbar inisial IP alias Ertin untuk meraup untung puluhan juta karena mengaku sebagai dukun yang bisa menyembuhkan penyakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News