Tembus Isolasi, Bantuan Dikirim Estafet

Tembus Isolasi, Bantuan Dikirim Estafet
Tim SAR bergegas meninggalkan wilayah Dusun Ngancar, Cangkringan Kabupaten Sleman karena awan mengarah ke selatan tempat tim SAR mencari korban Merapi, Jumat (12/11). Foto: Dite Surendra/Jawa Pos
BOYOLALI -- Ribuan warga di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, masih terisolasi hingga kemarin (12/11). Wilayah salah satu dusun yakni Stabelan, bahkan belum bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat. Distribusi bantuan logistik pun terpaksa dikirim secara estafet dari jarak sekitar tiga kilometer menggunakan sepeda motor khusus.

Logistik yang dikirim dari posko induk di Pemkab Boyolali menggunakan dua truk harus berhenti di Desa Klakah. Truk pengangkut logistik tak bisa menembus Desa Tlogolele lantaran kondisi jalan masih tertutup bambu dan pohon yang bertumbangan. Akibatnya, logistik ini terpaksa harus diturunkan dari truk dan diangkut menggunakan sepeda motor jenis trail. Sepeda motor tipe inilah yang bisa menembus akses ke Tlogolele.

Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanganan Bencana Merapi mengerahkan sedikitnya 15 sepeda motor trail untuk menembus jalan terjal dan penuh rintangan bambu dan pohon. Trail yang dikendarai anggota Tim SAR Boyolali ini menyusuri Kali Apu Desa Tlogolele yang penuh dengan tumpukan material vulkanik. "Sampai di Desa Tlogolele, kami harus menerobos bambu yang bertumbangan," kata Yoyok, salah satu anggota Tim SAR Boyolali.

Dia mengatakan, sedikitnya 500 jiwa masih bertahan di Desa Tlogolele. Sepeda motor trailnya mengangkut berbagai jenis logistik, seperti obat-obatan, beras, mi instan, dan selimut. Meski dalam kondisi jalan yang menikung dan terjal serta ditutup pepohonan yang tumbang, namun para Tim SAR mampu menembusnya. "Logistik saya ikat di belakang punggung dengan tali ban bekas," tandas anggota Tim SAR yang ditugaskan mendistribusikan logistik ke Desa Tlogolele.

BOYOLALI -- Ribuan warga di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, masih terisolasi hingga kemarin (12/11). Wilayah salah satu dusun yakni Stabelan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News