Temuan Material Pembersih Tumpahan Minyak

Temuan Material Pembersih Tumpahan Minyak
Temuan Material Pembersih Tumpahan Minyak

Bahan terapung baru yang bertindak seperti "spons" dengan potensi dapat menyerap tumpahan minyak telah dikembangkan oleh tim peneliti, termasuk para ilmuwan dari Flinders University di Adelaide, Australia Selatan.

Polimer ini terbuat dari minyak goreng bekas dan belerang, produk sampingan dari industri minyak, dan dapat menyerap minyak yang mengambang di permukaan laut.

Menurut kimiawan dari Universitas Flinders, Justin Chalker, yang laboratoriumnya memimpin penelitian ini, ada dua cara polimer dapat digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak.

"Anda menambahkan bahan langsung ke minyak dan itu benar-benar agregat dan memungkinkan Anda untuk meraupnya dengan jaring," katanya.

"Cara kedua adalah mengemas polimer ke dalam filter, dan kemudian memompa campuran minyak-air melalui filter. Air bersih dapat dikembalikan ke laut dan minyak tetap berada di polimer."

Temuan Material Pembersih Tumpahan Minyak Video: Researchers have developed a product to help clean up oil spills (Indonesian)

Dr Justin Chalker mengatakan karena sifatnya yang mirip spons, bahan ini dapat digunakan berulang kali.

"Anda benar-benar dapat memampatkannya, Anda dapat memerasnya dan memulihkan minyak dan menggunakan kembali polimer tersebut."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News