Temui Wakil Jaksa Agung AS, Kapolri Sepakat Tingkatkan Kerja

Temui Wakil Jaksa Agung AS, Kapolri Sepakat Tingkatkan Kerja
Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Sidang Umum Interpol ke-87 di Dubai, Uni Emirat Arab . Foto: Humas Polri

jpnn.com, DUBAI - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan Wakil Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Rod J Rosenstein di sela-sela agenda Sidang Umum Interpol di Dubai, Uni Emirat Arab, waktu setempat.

Tito mengatakan, dalam pertemuan itu, dia berdiskusi dan membahas beberapa topik terkait upaya peningkatan kerja sama bidang penegakan hukum antara Polri dan Pemerintah Amerika Serikat yang cukup baik.

“Kerja sama bidang penegakan hukum antara Polri dan pemerintah AS selama ini terselenggara dengan sangat baik,” ujar Tito dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/11).

Dia menerangkan, salah satu yang paling menonjol adalah kerja sama peningkatan kapasitas yang diwujudkan dengan berbagai program pendidikan dan pelatihan kepada personel Polri.

“Hal itu memberikan manfaat besar dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel Polri dalam penegakan hukum,” ujarnya.

Oleh karena itu, Tito mengaku sepakat bahwa kerja sama tersebut harus terus ditingkatkan guna menghadapi perkembangan berbagai kejahatan berdimensi baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan terjadi secara lintas batas negara.

“Seperti berbagai bentuk kejahatan siber serta kejahatan ekonomi dan keuangan lintas negara,” ujarnya.

Jenderal kelahiran Palembang ini menambahkan, keberadaan Jakarta Centre for Law Enforcement Centre (JCLEC) di Akademi Kepolisian, Semarang menjadi potensi besar yang bisa terus dikembangkan. Program pendidikan dan latihan yang diselenggarakan di JCLEC dapat dirancang sesuai kebutuhan.

Kerja sama Pemerintah AS dengan Polri dalam bidang penegakan hukum merupakan sesuatu yang sangat strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News