Temukan Kuburan Massal Korban ISIS, Tim Forensik Berurai Air Mata

Temukan Kuburan Massal Korban ISIS, Tim Forensik Berurai Air Mata
Tim forensik Irak menemukan kuburan massal korban kekejaman ISIS. Foto: reuters

jpnn.com - KUBURAN massal tentara Irak korban dari kelompok militan ISIS ditemukan di Tikrit, Irak. Diduga kuat, sebanyak 1.700 mayat dikubur di sana.

Untuk membuktikan dugaan, tim forensik Irak kini mulai menggali 12 makam di lahan tersebut. "Kami menggali kuburan massal pertama dan menemukan sedikitnya 20 jenazah. Indikasi awal, mereka merupakan korban pembunuhan," kata salah seorang anggota tim forensik Irak, Khalid al-Atbi, seperti dilansir dari Reuters, Senin (6/4).

Khalid menjelaskan, saat pertama kali tim menemukan kuburan tersebut, pemandangan yang tak enak membuat mereka bersedih hati.

"Pemandangannya benar-benar menyedihkan. Kami tidak bisa membendung air mata. Orang keji berdarah dingin macam apa yang sanggup membunuh 1.700 orang?” tandas Khalid.

Para serdadu Irak yang diduga dikuburkan di lahan itu diyakini dibunuh secara massal Juni 2014. Ketika itu, bersamaan dengan munculnya foto-foto dan video di dunia maya dari ISIS, yang sedang mengeksekusi banyak tentara Irak.

Tim forensik ini berhasil menemukan kuburan massal tersebut, menyusul keberhasilan militer Irak mengambil alih Kota Tikrit dari kelompok ISIS beberapa hari lalu. Aksi militer yang dimulai pada 2 Maret lalu itu melibatkan 30.000 personel.

Setelah merebut Tikrit, militer Irak kini memusatkan perhatian untuk mengambil alih Kota Mosul, salah satu kota basis kekuatan ISIS. (adk/jpnn)

 


KUBURAN massal tentara Irak korban dari kelompok militan ISIS ditemukan di Tikrit, Irak. Diduga kuat, sebanyak 1.700 mayat dikubur di sana. Untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News