Tenang...Tor Tor Tidak Dibahas UNESCO

Tenang...Tor Tor Tidak Dibahas UNESCO
MENARI: Sejumlah penari menarikan tarian tradisional Tor-tor Siputu Cawan. Foto: Andri Ginting/Sumut Pos/JPNN
JAKARTA – Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto mengatakan bahwa rapat pleno UNESCO 29 Juni 2012 nanti tidak akan membahas klaim Malaysia terhadap tarian Tor Tor dan alat musik Gondang Sembilan.  Dia menyebutkan, rapat itu nanti hanya membahas usulan warisan kebudayaan dari 24 negara saja. Dan dari 24 negara itu, kata Agus tidak ada usulan dari Malaysia.

      

“Jadi, tari Tor-tor dan Gondang Sembilan itu tidak mungkin dibawa di sidang UNESCO untuk diklaim sebagai warisan budaya mereka (Malaysia). Sampai saat ini belum ada klaim dari Malaysia,"  kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/6).

Seperti diketahui, kantor berita Malaysia, Bernama, melansir berita bahwa Menteri Rais berencana mendaftarkan Tarian Tor-tor dan alat musik Gondang 9 milik masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

      

Agus mengaku tak begitu paham menyoal berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengakuan ke UNESCO. Tapi, yang jelas untuk dimasukkan ke dalam lingkupnya UNESCO harus dibicarakan ke sana sebagai usulan. “Nanti diketok di sana,” kata Agus.

      

JAKARTA – Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto mengatakan bahwa rapat pleno UNESCO 29 Juni 2012 nanti tidak akan membahas klaim Malaysia terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News