JPNN.com

Tentang Penyakit Glaukoma yang Diderita Thareq Kemal Habibie

Sabtu, 14 September 2019 – 13:47 WIB Tentang Penyakit Glaukoma yang Diderita Thareq Kemal Habibie - JPNN.com
Thareq Kemal Habibie menghadiri pemakaman jenazah almarhum BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menjelaskan penyakit yang diderita oleh adiknya, Thareq Kemal Habibie, hingga mata kanannya ditutup.

Dia jelaskan, penyakit adiknya bernama glaukoma yakni penyakit yang merusak bagian retina mata.

"Itu tidak bisa digantikan, dengan teknologi hari ini tidak bisa, sekali rusak selalu rusak, belum ada metode pengobatannya," kata Ilham Habibie di Jakarta, Jumat (13/9)

Thareq, lanjut dia, menderita glaukoma akibat dari penyakit gula yang sudah ditanggung adiknya bertahun-tahun.

Dikutip dari doktersehat.com, dijelaskan bahwa glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai dengan peningkatan tekanan cairan pada mata. Disebutkan, jika glaukoma tidak segera diobati, pasien bisa kehilangan penglihatan dan bahkan menjadi buta.

Dipaparkan bahwa glaukoma merupakan kondisi yang menyebabkan kerusakan saraf optik mata dan semakin buruk dari waktu ke waktu.

Mengenai penyebabnya, dijelaskan glaukoma biasanya terjadi ketika tekanan bola mata meningkat. Hal ini dapat terjadi ketika peredaran cairan mata tidak selancar biasanya di dalam mata.

Tekanan di dalam mata meningkat ketika sistem drainase cairan mata gagal berfungsi dengan baik. Glaukoma dapat berkembang secara lambat (glaukoma kronis) atau tiba-tiba (glaukoma akut). (Boyke LW/ant/sam/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...