Terancam Digusur, Warga Mengadu ke Komisi III

Terancam Digusur, Warga Mengadu ke Komisi III
Terancam Digusur, Warga Mengadu ke Komisi III
JAKARTA- Warga keturunan China Benteng, di Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Banten terancam digusur. Pemko Kota Tangerang, melalui Camat Neglasari memerintahkan warga untuk membongkar rumahnya masing-masing paling lambat 27 April 2010 mendatang. "Sementara warga China Benteng telah bermukim turun-temurun di kawasan tersebut sejak ratusan tahun silam. Bahkan sebelum Indonesia ini ada," kata Tommi dari LBH Jakarta, selaku juru bicara warga keturunan China Benteng saat mengadu ke Komisi III DPR, Rabu (21/4). Mereka di terima Wakil Ketua Komisi III Fachri Hamzah (F-PKS), di Senayan Jakarta.

Tommi mengingatkan, warga China Benteng hendaknya diperlakukan dan mempunyai hak yang sama dengan warga negara Indonesia lainnya dan penggusuran tidak boleh dilakukan bila warga yang digusur tidak akan mempunyai tempat tinggal,” tegas Tommi.

Dalam pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi Fachri Hamzah (F-PKS) didampingi Ketua Benny K Harman (F-PD), Tommi menjelaskan bahwa posisi rumah warga China Benteng saat ini berjarak sekitar lima puluh meter dari pintu air sepuluh yang telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Bila Pemerintah Kota tetap bersikeras melakukan penggusuran terhadap masyarakat China Benteng maka hak warga negara atas perumahan akan hilang. “Warga meminta supaya pihak Pemerintah Kota Tangerang dan jajarannya untuk bermusyawarah dengan warga untuk mencari solusi,” sarannya.

Sementara Wakil Ketua Komisi III Fachri Hamzah menilai Pemerintah Kota Tangerang tidak dapat semena-mena melakukan penggusuran terhadap warga China Benteng. "Selama ini pemerintah kota Tengerang telah melakukan pungutan pajak dan memasukan warga setempat dalam kegiatan termasuk pesta demokrasi. Tetapi pada akhirnya Pemkot Tangerang menyatakan lahan yang ditempati oleh masyarakat China Benteng yang telah ratusan tahun tinggal di wilayah dinyatakan illegal oleh Pemkot. “Kita tidak bisa membiarkan hal ini terus terjadi,” tegas Fachri. (fas/jpnn)

JAKARTA- Warga keturunan China Benteng, di Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Banten terancam digusur. Pemko Kota Tangerang, melalui Camat Neglasari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News