Terapi Cahaya pada Bar Khusus Penderita Winter Blues

Jadi Jujukan Orang-Orang Pencari Terang

Terapi Cahaya pada Bar Khusus Penderita Winter Blues
Foto: islandpacket.com

jpnn.com - Musim dingin di Kota Portland, Negara Bagian Oregon, selalu berlangsung lama. Hawa dingin, udara lembap, dan langit yang selalu berawan menjadi siksaan tersendiri bagi para pengidap SAD atau seasonal affective disorder alias winter blues. Tapi, Alex Carlson punya solusi jitu untuk memerangi depresi musiman tersebut.

= = = = = = = = =

ADALAH Lightbar, bar milik Carlson yang unik. Tidak hanya menyajikan berbagai minuman beralkohol dan menciptakan atmosfer "senang-senang", Lightbar yang terletak di jantung Portland itu juga menghadirkan terapi cahaya. "Menu" terakhir itulah yang membuat Lightbar selalu ramai pengunjung. Lebih-lebih pada Desember yang merupakan bulan paling dingin di Oregon.

"Saya lebih senang menyebutnya atmosfer terapi," kata Carlson kemarin (20/12). Sebagai pengidap SAD, dia sangat memahami siksaan yang hadir tiap Desember.

Seperti langit yang selalu tertutup mendung, para pengidap SAD pun selalu kehilangan semangat pada akhir tahun yang identik dengan liburan. Padahal, seharusnya mereka menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Temperatur udara normal di Portland tiap Desember berkisar 4,7 derajat Celsius. Dalam kondisi tertentu, suhu tersebut bisa menjadi jauh lebih ekstrem. Artinya, kota berjuluk City of Roses itu beku. Dalam kondisi seperti itu, para pengidap SAD akan panik. Satu-satunya obat mujarab untuk mengurangi ketegangan adalah cahaya. Kini cahaya itu bisa mereka dapatkan di Lightbar.

Carlson sengaja memasang light boxes, semacam neon boks, di beberapa sudut barnya. Dia juga menghiasi seluruh dinding barnya dengan cahaya warna-warni. Ada neon boks yang berwarna biru langit, ada juga yang magenta. Dua warna dominan pada bar unik itu melambangkan suasana langit pada pagi dan sore, menjelang tenggelamnya matahari.

Bukan hanya sebagai dekorasi, Carlson juga menjadikan neon boks itu sebagai alat terapi. Bahkan, dia juga mendesain beberapa sudut barnya menjadi booth terapi cahaya. Pada area terapi itu, dia memasang neon boks yang memiliki intensitas cahaya sampai 10.000 lux. Para pengidap SAD biasanya bisa menoleransi kekuatan cahaya sampai angka itu.

Musim dingin di Kota Portland, Negara Bagian Oregon, selalu berlangsung lama. Hawa dingin, udara lembap, dan langit yang selalu berawan menjadi siksaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News