Tergiur Dolar AS, Ratusan TKI Tertipu

Polisi Ungkap Penipuan PJTKI Ilegal

Tergiur Dolar AS, Ratusan TKI Tertipu
Tergiur Dolar AS, Ratusan TKI Tertipu
JAKARTA — Bagi anda yang berniat bekerja di Amerika berhati-hatilah. Pasalnya, baru-baru ini di Sukabumi, Jawa Barat, Mabes Polri telah membongkar sindikat penipuan berkedok perekrut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk dikirim ke Amerika.

Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Edward Aritonang, menyatakan bahwa kasus tersebut terungkap setelah adanya laporan sejumlah warga yang mengaku menjadi korban penipuan yang dilakukan sebuah perusahaan pengerah jasa TKI berinisial PT PGA. Perusahaan ini pada tahun 2008 lalu melakukan kerjasama perekrutan pekerja ke Amerika dengan sebuah perusahaan  berinisial PT KP.

Hasilnya, sebanyak 296 calon TKI dari Indramayu, Majalengka, Sukabumi, Cirebon, Semarang, Cilacap, Salatiga, Madiun, Ponorogo, Blitar, Kediri, Malang dan Lampung berhasil direkrut.

Edward memaparkan, dari masing masing calon TKI itu ditarik iuran pemberangkatan sebesar Rp 30 juta. Setelah itu para calon TKI diberi pelatihan selama 21 hari pada akhir 2009 lalu. Namun usai pelatihan  hingga kini, para calon TKI itu tak kunjung diberangkatkan ke negara tujuan.

JAKARTA — Bagi anda yang berniat bekerja di Amerika berhati-hatilah. Pasalnya, baru-baru ini di Sukabumi, Jawa Barat, Mabes Polri telah membongkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News