Terima Delegasi Pimpinan PAS, HNW: Untuk Perkuat Hubungan Indonesia-Malaysia

Terima Delegasi Pimpinan PAS, HNW: Untuk Perkuat Hubungan Indonesia-Malaysia
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan resmi delegasi pimpinan Partai Islam Se-Malaysia (PAS). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan resmi delegasi pimpinan Partai Islam Se-Malaysia (PAS) di bawah pimpinan Wakil Presiden PAS, Dato Sri Ustadz Tuan Ibrahim Bin Tuan Man dan beberapa anggota parlemen.

Dia menegaskan dalam pertemuan itu betapa Islam dan umatnya tidak anti-demokrasi, bisa kompatibel dengan demokrasi, bisa melaksanakan seluruh proses demokrasi termasuk pemilihan umum, pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota DPR.

Semua proses tentang berdemokrasi ternyata bisa dilakukan umat Islam baik itu di Malaysia dan Indonesia.

"Tadi kami sepakat fakta bahwa Islam ajarkan moderasi, Islam sesuai dengan demokrasi, karena umat Islam bisa bersama kelompok-kelompok lain membangun negara dan memajukan bangsa, umat Islam bisa menghadirkan pembuktian bahwa Islam tidak anti kepada non-muslim," kata HNW, sapaan Hidayat Nur Wahid, seusai pertemuan yang berlangsung di Ruang Delegasi Nusantara IV, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (11/7).

HNW menambahkan salah satu yang menarik adalah pengalaman PAS yang memimpin di Kelantan selama empat periode.

"Saya kira salah satu yang menarik, bahwa ternyata kalau partai Islam memenangkan pemilu, atau memimpin satu daerah sebagaimana PAS yang beberapa kali Pemilu menang di Kelantan, ternyata yang di benak banyak pihak bahwa akan terjadi diskriminasi, akan terjadi ketidakadilan, sama sekali tidak terbukti,” kata HNW.

Menurut HNW, pengalaman PAS itu menegaskan kembali bahwa apa yang di ”framing” oleh kelompok-kelompok Islamophobia bahwa Islam itu diskriminatif, antidemokrasi, antikepada non-muslim, sama sekali tidak benar.

"Jadi, fakta-fakta semacam ini merupakan pembuktian berkelanjutan bahwa Islam tidak mengajarkan diskriminasi, Islam tetap menegaskan pentingnya keadilan, prinsip bermusyawarah, prinsip kerahmatan lil alamin karenanya penting berpihak dan berlaku adil kepada semua pihak/rakyat tanpa membedakan latar belakangnya, demi kemaslahatan bersama dan kemajuan/kemakmuran bangsa dan negara," jelasnya.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan resmi delegasi pimpinan Partai Islam Se-Malaysia (PAS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News